Senin, 25 Agustus 2014

Busi Tepat BBM Irit


Busi adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompresi/dipampatkan oleh piston. Pada bagian tengah busi terdapat elektrode yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian di luar busi, dan dengan ground pada bagian bawah busi, membentuk suatu celah percikan di dalam silinder seperti percikan elektrik. (definisi busi).


Busi di pasaran dengan beragam performa dan karakter (standar dan racing/kompetisi) membuat kita untuk teliti dalam aplikasi busi pada kendaraan. Salah aplikasi dapat berakibat pada rusaknya modul elektronik/sistem pengapian.

Cara mengetahui tipe busi kendaraan kita sbb:
  • Baca buku petunjuk manual kendaraan, tertulis jenis busi beresistor atau tidak.
  • Lepas busi dan ukur resistansinya dengan Multimeter. Jika hasil menunjukkan kisaran 4,7-5,2 kilo ohm, artinya busi beresistor. Kurang dari 4,7 kilo ohm berarti busi non resistor (resistansi/hambatan kecil berkisar 0,5-10 ohm).


Busi beresistor umumnya diaplikasi pada sistem pengapian langsung (direct fire). Apabila menggunakan busi non resistor pada sistem pengapian koil langsung dapat menyebabkan arus berlebih dan membuat koil relatif makin panas dan menimbulkan arus balik pada CDI/ECU (Electronic Control Unit).

Berbeda jika busi beresistor diaplikasi pada sistem pengapian mesin yang memakai busi non resistor, mesin cenderung kurang tenaga dan mbrebet pada rpm tinggi.

Pengukuran resistansi busi agar balan/seimbang pada tiap silinder (mobil). Dengan resistansi sama pada tiap silinder maka konsumsi BBM menjadi irit dan tenaga maksimal.


Berbagai tipe busi resistor dan non resistor (tabel)

NGK Resistor BR, BPR, BPCR, BKR, LFR, TR, BUR, RE, BRE, ZGR, ZFR, LZTR, PGR, PFR, IFR, IZFR, PTFR, PZFR, PLFR, PJR, IJR, IZKR, PMR, IMR
NGK Non Resistor B, BP, BCP, BU, BK, BE, ZG, ZF, C
Autolite Resistor 63-67, 143-147, 402-406, 584-985, 2543-2585, 3203-3303, 3345-3926, 4251-5224 
Bosch Resistor DR, F-DCOR, F-DPOR, F-KTCR, F-HPPR, F-LCOR, F-LTCR, F-LDCR, F-LCR, F-DPER, FGR, FQR, FR, HR, UR, WR, XR, YR
Champion Resistor 2095, 3344, A-YC, EON, N-BMC, QC, QL, QN, RA, RAX, RC, RE, RG, RJ, RF, RS, RV, RZ
DENSO Resistor FK, IA, IK, IQ, IR, IT, IU, IW, IX, J-AR, J-BR, J-CR, K-PR, K,  P, PK, PQ, Q-UR, Q-PR, Q-R, QJ, QL, SK, T, U-PR, U-FSR, VK, VUH, W-EPR, W-EX, W-EPR, W-EBR, W-EKR, W-EDR, X-EPR, X-GPR
HKS, SARD, TRD Resistor All Type
Split Fire  TP430B

0 comments:

Semua orang bebas untuk memberikan komentar berupa saran, pendapat dan kritik di website ini dengan ketentuan sebagai berikut:
-Tidak berkomentar dengan bahasa yang menyinggung dan merugikan orang lain.
-Tidak berkomentar diluar topik pembahasan.
-Komentar tidak mengandung unsur pornografi, pornoaksi, scam, dan hal-hal yang bersifat negatif.
-Komentar yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tersebut akan dihapus.

newer posts older posts