Cara mengetahui tipe busi kendaraan kita sbb:
- Baca buku petunjuk manual kendaraan, tertulis jenis busi beresistor atau tidak.
- Lepas busi dan ukur resistansinya dengan Multimeter. Jika hasil menunjukkan kisaran 4,7-5,2 kilo ohm, artinya busi beresistor. Kurang dari 4,7 kilo ohm berarti busi non resistor (resistansi/hambatan kecil berkisar 0,5-10 ohm).
Berbeda jika busi beresistor diaplikasi pada sistem pengapian mesin yang memakai busi non resistor, mesin cenderung kurang tenaga dan mbrebet pada rpm tinggi.
Pengukuran resistansi busi agar balan/seimbang pada tiap silinder (mobil). Dengan resistansi sama pada tiap silinder maka konsumsi BBM menjadi irit dan tenaga maksimal.
NGK Resistor | BR, BPR, BPCR, BKR, LFR, TR, BUR, RE, BRE, ZGR, ZFR, LZTR, PGR, PFR, IFR, IZFR, PTFR, PZFR, PLFR, PJR, IJR, IZKR, PMR, IMR |
NGK Non Resistor | B, BP, BCP, BU, BK, BE, ZG, ZF, C |
Autolite Resistor | 63-67, 143-147, 402-406, 584-985, 2543-2585, 3203-3303, 3345-3926, 4251-5224 |
Bosch Resistor | DR, F-DCOR, F-DPOR, F-KTCR, F-HPPR, F-LCOR, F-LTCR, F-LDCR, F-LCR, F-DPER, FGR, FQR, FR, HR, UR, WR, XR, YR |
Champion Resistor | 2095, 3344, A-YC, EON, N-BMC, QC, QL, QN, RA, RAX, RC, RE, RG, RJ, RF, RS, RV, RZ |
DENSO Resistor | FK, IA, IK, IQ, IR, IT, IU, IW, IX, J-AR, J-BR, J-CR, K-PR, K, P, PK, PQ, Q-UR, Q-PR, Q-R, QJ, QL, SK, T, U-PR, U-FSR, VK, VUH, W-EPR, W-EX, W-EPR, W-EBR, W-EKR, W-EDR, X-EPR, X-GPR |
HKS, SARD, TRD Resistor | All Type |
Split Fire | TP430B |
0 comments:
Semua orang bebas untuk memberikan komentar berupa saran, pendapat dan kritik di website ini dengan ketentuan sebagai berikut:
-Tidak berkomentar dengan bahasa yang menyinggung dan merugikan orang lain.
-Tidak berkomentar diluar topik pembahasan.
-Komentar tidak mengandung unsur pornografi, pornoaksi, scam, dan hal-hal yang bersifat negatif.
-Komentar yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tersebut akan dihapus.